Pages

Jumat, 23 November 2012

PLANET JOVIAN

Planet dibagi menjadi dua golongan berdasarkan sifat fisisnya, lho.
Pertama adalah kelompok Planet Terestrial; yaitu planet yang memiliki sifat "kebumian" baik ukuran, massa, massa jenis, maupun komposisi kimianya (mereka semua memiliki permukaan padat).

Contohnya adalah; Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
Nah yang kedua adalah kelompok Planet Jovian; yaitu planet yang tidak memiliki sifat "kebumian" , planet-planet ini tersusun atas kumpulan gas.
Mereka adalah planet gas besar tanpa permukaan padat yang bisa di pijak. Planet-planet ini memiliki tekanan yang besar sehingga bisa menghancurkan segala sesuatu yang masuk ke dalam atmosfernya.
Planet Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus merupakan planet Jovian.
Raksasa gas adalah planet besar yang tidak terdiri dari bebatuan atau benda padat lainnya. Raksasa gas mungkin memilik inti batu atau besi; dalam kenyataan, diharapkan gas raksasa mungkin memiliki inti tersebut supaya dapat terbentuk; tetapi mayoritas inti masanya dalam bentuk gas (atau gas yang terkompresi dalam bentuk cair). Tidak seperti planet batuan, raksasa gas tidak memiliki permukaan yang didefinisikan dengan jelas. Istilah seperti diameter, area permukaan, isi, suhu permukaan dan kepadatan permukaan mungkin menuju ke lapisan terluar yang tampak dari luar, misal dari Bumi.
Ada empat raksasa gas dalam tata surya kita: Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Mereka juga dikenal sebagai planet Jovian.
Uranus dan Neptunus sering dikatakan oleh ilmuwan di zaman dahulu sebagai sub-kelas terpisah dari planet raksasa, raksasa es atau planet Uranian dikarenakan struktur mereka yang terbentuk dari es dan batu dan gas, yang berbeda dari raksasa gas "tradisional" seperti Jupiter dan Saturnus. Ini dikarenakan proporsi dalam hidrogen dan helium lebih rendah dari planet terakhir yang disebut, mungkin karena jarak mereka yang sangat jauh dari Matahari.

Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang(Matahari).
Pengelompokan planet:

Berdasarkan dijadikannya Bumi sebagai pembatas;
Planet Inferor,yaitu planet yang orbitnya di dalam orbit Bumi mengitari Matahari.Planet yang termasuk planet inferior adalah Merkurius dan Venus.
Planet Superior,yaitu planet yang orbitnya berada di luar orbit Bumi mengitari Matahari.Planet yang termasuk planet superior adalah Mars, Yupiter, Saturnus ,Uranus, Neptunus, dan Pluto.
Berdasarkan dijadikannya lintasan asteroid sebagai pembatas;
Planet Dalam,yaitu planet yang orbinya di sebelah dalam lintasan asteroid.Yang tergolong planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
Planet Luar,yaitu planet yang orbitnya di sebelah luar lintasan asteroid.Anggota planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
Berdaarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya;
Planet Terestrial/Kebumian,yaitu planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip dengan Bumi.Yang termask planet terrestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
Planet Jovian/Raksasa,yaitu planet yang sangat besar dan komposisi penyusunnya mirip Yupiter(terdiri dari sebagian besar es dan gas hydrogen).Yang tergolong dalam planet Jovian adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Hukum Gerakan Planet:
Hukum I Kepler:”Orbit(lintasan dalam mengitari Matahari) planet berbentuk elips dengan Matahari berada pada salah satu titik apinya.
Hukum II Kepler:”Garis hubung planet-Matahari akan menyapu daerah yang sama luasnya dalam selang waktu yang sama.
Hukum III Kepler:”Jarak rata-rata planet ke Matahari pangkat tiga dibagi periode sideris kuadrat merupakan bilangan konstan” atau “Pangkat dua kala revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak planet ke Matahari.

Penggolongan Planet

Planet adalah benda langit yang gelap, merupakan bagian dari keluarga Matahari, planet bergerak dengan arah yang sama, tetapi jarak dan lintasannya berbeda.
Ada tiga kelompok Planet dari delapan,yaitu :

Pengelompokan planet dengan lintasan asteroid sebagai pembatasnya (Plenet Dalam dan Planet Luar)
Pengelompokan planet berdasarkan Bumi sebagai pembatasnya (Imperior dan Superior Planet)
Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisi penyusunnya


Planet dalam, yang Planet Dalam merupakan planet-planet yang lintasannya terletak di antara Bumi dan Matahari atau planet-planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih pendek dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari. meliputi : Mercurius dan Venus

Plane luar, Planet Dalam merupakan planet-planet yang lintasannya terletak di luar lintasan Bumi dan Matahari meliputi : Mars; Jupiter; Saturnus, Uranus dan Neptunus.
Planet terbagi lagi sesuai dengan materil dan komposisinya, yaitu :

Planet Jovian
Planet Jovian Planet adalah planet-planet raksasa yang komposisi materi penyusunnya bukan berupa batu atau material yang padat , melainkan gas. Planet yang termasuk Jovian planet adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.
Teresterial Planet
Teresterial Planet atau telluric planet adalah planet-planet yang komposisi materi penyusunnya berupa batuan silikat. Planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.
Tentang pembagian planet adalah yang disebut dengan imferior dan superior planet.

Planet inferior (inferior planets),yaitu planet-planet yang lintasannya di antara Bumi dan Matahari,terdiri atas Merkurius dan Venus.
Planet Superior (superior planets), yaitu planet-planet yang lintasannya di luar Bumi,terdiri atas Jupiter,Saturnus,Uranus,dan Neptunus.
Perlu anda ketahui planet-planet tersebut di atas mulai terbentuk sekitar 4,6 miliyar tahun. Materi yang terdekat ke Matahari membentuk empat planet berbatu, yaitu Mercurius, Venus, Bumi, dan Mars. Dibagian cakram luar yang bersuhu lebih dingin terbentuk benda-benda angkasa berbatu pejal. Benda-benda ini menarik sejumlah besar gas kea rah mereka, inilah planet tersbut planet yang diliputi gas, yaitu : Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Terbentuknya Pluto dari materi lain dan sekarang dengan hasil penelitian terbaru Pluto tidak termasuk planet ke Sembilan karena ukurannya kecil bahkan ukurannya lebih besar dari asteroid.

1 komentar:

Ahmad Ilham mengatakan...

gua nyari asteroid ngapa lu yg keluar -____- tapi gapapa ada yg tentang bumu sebagai batas, makasih yaaa :)

Poskan Komentar